Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

0274 - 485390

Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Keraguan Diri dan Membangun Kepercayaan Diri


harga diri

Hai mas mbak yang berbahagia, kali ini CDA ITNY bawain artikel menarik nih,

SELF - ESTEEM

Keraguan diri dan kepercayaan diri itu 2 konsep berlawanan yang saling memiliki keterkaitan. Keraguan diri dapat merusak kepercayaan seseorang, sebaliknya kepercayaan diri dapat membantu seseorang mengatasi keraguan dirinya.

Ketika seseorang mengalami keraguan diri, mereka mungkin merasa tidak yakin atau tidak aman dengan kemampuan, keputusan, atau nilai mereka. Ini dapat mengarah ke pikiran dan perilaku negatif yang semakin memperkuat keraguan diri mereka, seperti menghindari tantangan baru atau mencari kepastian dari orang lain.

Di sisi lain, membangun kepercayaan diri melibatkan pengembangan pandangan yang positif dan realistis, mengenali kekuatan dan kelemahan diri, dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kemampuan diri.


Hal ini dapat melibatkan penetapan tujuan yang dapat dicapai, menghadapi tantangan, dan mencari umpan balik dan dukungan dari orang lain.

Oleh karena itu, korelasi antara keraguan diri dan kepercayaan diri itu berbanding terbalik. Ketika tingkat keraguan diri menurun, kepecayaan diri mereka cenderung meningkat dan sebaliknya.

Penting untuk dicatat bahwa membangun kepercayaan diri adalah proses bertahap yang membutuhkan upaya dan refleksi diri yang konsisten. Akan tetapi, dengan waktu dan latihan, memungkinkan untuk mengatasi keraguan diri dan mengembangkan tingkat kepercayaan diri yang sehat.

Berikut beberapa cara efektif untuk mengatasi keraguan diri dan meningkatkan kepercayaan diri :

1. Identifikasi dan tantang pikiran negatif

Keraguan diri seringkali muncul dari pembicaraan atau kepercayaan diri yang negatif. Identifikasi pikiran-pikiran ini dan tantang mereka dengan bukti dan afirmasi positif dapat membantu mengubah pola pikir dan membangun kepercayaan diri.

Setiap tindakan kita berasal dari hati dan pikiran, ketika pikiran negatif tentu akan membuat keraguan meningkat. Jangan pernah takut pada sesuatu yang belum dikerjakan, katakan dalam hati bahwa "saya bisa".

2. Tetapkan tujuan yang dapat dicapai

Menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai dapat membantu mas mbak membangun kepercayaan. Tanpa tujuan hidup seperti kehilangan arah, semangat menurun dan seolah-olah menjadi manusia yang paling menderita.

Tujuan engga harus muluk-muluk, tetapi dipertimbangkan dengan kemampuan juga, yakinlah bahwa tujuan itu akan tercapai, karena pikiran akan membuat alam bawah sadar untuk berusaha membangun kepercayaan diri.

3. Berlatih merawat diri sendiri

Merawat kesehatan fisik dan emosional dapat meningkatkan kepepercayaan diri. Luangkan waktu untuk berolahraga, makan sehat, tidur nyenyak dan relaksasi.

Jaga pola hidup sehat tentu tidak mudah, tetapi jika tidak berusaha juga tidak akan berubah. Menjaga kesehatan itu sebuah investasi jangka panjang, mungkin saat ini terlihat kuat dan sehat, namun jika tidak diimbangi dengan olahraga dan makan makanan yang sehat, akan menjadi masalah di masa mendatang.

4. Pelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru atau menghadapi tantangan baru dapat membantu membangun kompetensi dan kepercayaan diri. Hal ini dapat memberikan rasa pencapaian diri dan penguasaan.

Semakin terampil maka semakin percaya diri menghadapi tantangan dan dinamika dunia kerja. Keahlian adalah syarat utama yang bisa menjadi kekuatan andalan. Namun, sebelum mempelajari hal baru, sebaiknya mempunyai salah satu keterampilan yang benar-benar mahir.

5. Cari Dukungan

Berbicara kepada teman, keluarga atau terapis yang terpercaya dapat membantu memproses keraguan diri dan mendapatkan persepektif. Mendapatkan dukungan dari orang lain dapat membantu membangun kepercayaan diri.

Ada masalah cerita saja, jangan dipendam sendiri, ujung-ujungnya stress dan kehilangan kesadaran diri. Mau menangis ya gak masalah, tidak ada larangan untuk menangis, luapkan segala unek-unek agar pikiran menjadi sehat. Jika memang belum menemukan orang yang cocok, tidak masalah jika berbicara dengan angin malam atau ungkapkan dalam doa.

Jadikan setiap masalah menjadi doa, ingat kita punya Tuhan yang mengatur segalanya, libatkan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita.

6. Rangkullah kegagalan

Tidak ada manusia yang sempurna, kegagalan adalah bagian alami dari pertumbuhan dan pembelajaran. Alih-alih menghindari kegagalan, terimalah kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Ingatlah bahwa membangun kepercayaan diri adalah proses yang membutuhkan waktu dan usaha. Bersabarlah dan rayakan setiap kemajuan di sepanjang jalan. Dengan latihan, mas mbak dapat mengatasi keraguan diri dan mengembangkan tingkat kepercayaan diri yang sehat.

cukup sekian artikel kali ini ya mas mbak, semoga bermanfaat

salam hangat

(YA)


Copyright © 2023. CDA - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta