{{brizy_dc_post_title}}


chevening

hai mas mbak semua, semoga selalu bahagia yaa....! dan selalu dalam keadaan sehat dan penuh semangat..!

kali ini CDA ITNY mau bawain informasi tentang apa aja sih yang dibutuhkan untuk beasiswa

CHEVENING

Beasiswa chevening itu salah satu beasiswa yang dapat mas mbak cobain, nah syarat utamanya harus sudah pernah kerja, minimal sih 2000 jam kerja, baik fulltime, part-time, voluntary, intinya sih harus sudah ada pengalaman

Sebagai mana yang kita ketahui, Chevening adalah beasiswa internasional dari pemerintah UK yang ditujukan untuk mengembangkan pemimpin global. Pada kesempatan ini, memungkinkan mas dan mbak untuk memberikan contoh kemampuan dan potensi kepemimpinan yang mas mbak miliki dan deskripsikan pula bagaimana mas dan mbak menggunakan waktu anda untuk mengembangkan kemampuan profesional dan akademis selama berada di Inggris, membangun jaringan profesional dan membangun hubungan yang langgeng dengan pihak UK.

Apa aja sih yang perlu dipersiapkan...?

Persyaratan yang utama biasanya itu sertifikat kemampuan bahasa inggris, lalu paspor sebagai pengenal identitas, selain itu masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, beberapa diantaranya:

1. Niat

Apapun itu, pasti niat adalah satu hal yang patut diutamakan, baik mau kerja, study dan semua aktivitas. Tanpa adanya niat rasanya bakalan loyo, ibarat kerupuk yang terkena air "mlempem", baru perjalanan awal udah merasa susah. So, niati studi dengan diiringi niat ibadah pula, agar semua hal yang dilakukan mendapatkan berkah


2. Akun

Ni yang penting ya mas mbak, mau daftar tapi belum punya akun, kan jadi susah. Sebelum lanjut bisa daftar dulu di

SINI

3. Essay

Pada bagian ini, mas mbak diminta untuk menjawab serangkaian pertanyan dengan jawaban singkat sekitar 100 -500 kata, adapun pertanyaan meliputi : kepemimpinan dan pengaruh; membangun relasi dan pembelajaran bersama, belajar di Inggris dan tujuan jangka panjang belajar di UK.

Jawaban harus ditulis menggunakan bahasa inggris yaa, lalu jangan mengcopy jawaban dari pertanyaan sebelumnya, pastikan itu original sesuai dengan kemampuan yang mas mbak punya.


Leadership and influence

Chevening mencari individu-individu yang akan menjadi pemimpin atau memberi pengaruh di masa depan di negara mereka. Jelaskan bagaimana mas mbak memenuhi persyaratan ini, gunakan contoh yang jelas tentang kemampuan kepemimpinan dan memberi pengaruh mas mbak untuk mendukung jawaban tersebut.

Relation-building and shared learning

Chevening mencari individu dengan kemampuan membangun hubungan yang kuat, yang mana akan terlibat dalam komunitas chevening dan bisa mempengaruhi serta memimpin yang lain dalam profesi yang mereka pilih. Mohon jelaskan bagaimana mas mbak membangun dan memelihara hubungan dalam kapasitas profesional, gunakan contoh yang jelas bagaimana mas mbak melakukan hal itu saat ini dan uraikan bagaimana mas mbak menggunakan kemampuan ini di masa depan.

Studying in the UK

Jelaskan mengapa mas mbak memilih 3 program studi tersebut dan jelaskan hubungan bagaimana keterkaitan dengan studi sebelumnya atau pengalaman sebelumnya dan dengan rencana mas mbak di masa depan. Usahakan tidak sama dengan jawaban sebelumnya.

Career Plan

Chevening mencari individu-individu yang memiliki rencana studi yang jelas. Mohon jelaskan rencanamu setelah kembali ke negara asal serta tujuan jangka panjang karir mas mbak. Mas mbak juga bisa mempertimbangkan bagaimana hubungan yang bisa dikembangkan antara UK dengan negara asal.

nah itu beberapa hal yang perlu dipersiapkan, jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi juga yaa, insyaAlloh semua akan jadi mudah, yang penting berusaha dulu, semoga bermanfaat

salam hangat

(YA)