{{brizy_dc_post_title}}


research

Hai mas mbak yang berbahagia, kali ini CDA ITNY bawain artikel menarik nih

Become Better at Research

Setiap orang pastinya memiliki rencana masing-masing dalam membangun karir. Ada yang berusaha aktif dalam organisasi, mengikuti seminar dan workshop, menjadi volunter dalam berbagai kegiatan, magang di industri / perusahaan yang bonafit, yang tak kalah penting juga ada yang ingin melanjutkan study.

Pada dasarnya. untuk menjadi ahli yang mumpuni, paling tidak mahir dalam salah satu bidang yang sangat disukai. Orang mengatakan manusia itu bisa multitasking, alias bisa melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan. Tetapi secara logika, itu sih tidak mungkin ya, sejatinya kita hanya berganti posisi saja, setelah melakukan A lanjut ke B, lalu ke A lagi dan lanjut ke B.

Oke, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantu teman-teman bisa menjadi lebih baik dalam penelitian,

1. Kembangkan pertanyaan penelitian yang jelas

Apa sih sebenarnya yang ingin kamu pelajari ? Apa saja masalah spesifik yang ingin kamu selesaikan ?

Setelah kamu mendapatkan pertanyaan penelitian yang jelas, dari situlah kamu bisa mulai, dengan cara mengidentifikasi sumber informasi yang relevan dengan masalah tersebut,

Intinya masalah itu harus spesifik, jadi mudah untuk didiskusikan, sehingga sumber yang dicari bisa langsung ke pokok permasalahan.

2. Gunakan berbagai sumber

Setelah menemukan masalah yang spesifik, jangan hanya mengandalkan satu sumber informasi saja. Cobalah untuk mencari lebih banyak informasi yang relevan, bisa dari jurnal, buku, majalah, dan beragam situs website.

Lebih banyak referensi akan membantu kamu memiliki banyak wawasan, tidak hanya satu sudut pandang saja.

3. Evaluasi sumber informasi

Tidak semua sumber itu satu pemikiran atau dibuat sama. Maka sebelum digunakan sebagai referensi dalam penelitian, setidaknya dicek dulu kualitas dan kredibilitas dari sumber tersebut. Semakin terpercaya sumber informasinya, maka akan sangat berpengaruh dalam hasil penelitian.

4. Buatlah catatan yang detail

Saat kamu membaca dan mengumpulkan informasi, jangan lupa buatlah catatan, hal ini akan membantu kamu untuk melacak sumber informasi dan mengorganisir pemikiran kamu. Dari sebuah catatan akan lebih mudah dikembangkan, otak kita tidak mampu mengingat semua informasi. Dari catatan itu pula, kita jadi lebih tahu hal-hal penting yang dimuat dalam sumber informasi tersebut.

5. Sintensikan informasi

Setelah kamu mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan, kamu perlu menyatukannya menjadi sebuah argumen atau analisis yang koheren. Ini berarti mengidentifikasi poin-poin kunci dan temuan dari sumber tersebut dan menjelaskan bagaimana hubungan antara yang satu dengan lainnya.

Dari situ pula kita bisa tahu kesamaan dari setiap penelitian sebelumnya, apa saja yang sudah dikembangkan dan kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki.

Nah, setelah semua itu dilakukan, dalam penelitian kita perlu berlatih dan bersabar. Tidak semua hasil bisa jadi dalam sekejab, semua melewati alur dan proses yang beragam. Tanpa adanya kesabaran dan tekad yang kuat, penelitian juga tidak akan berhasil.

Sebagai contoh Thomas Edison, dari 999 penelitian, belum berhasil, baru ke 1000 penelitian, menghasilkan sesuatu yang sangat keren. Begitu pula kita semua, tidak ada yang instan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa membantu proses penelitianmu:

Berlatihlah menjelaskan penelitianmu kepada orang lain dengan cara yang bisa membuat orang tersebut benar-benar tertarik dengan penelitianmu. Jika kamu tidak bisa menjelaskan ide inti kepada seseorang dengan cara yang koheran, bisa jadi ide tersebut kurang menarik atau kamu tidak memahami penelitian tersebut.

Berlatihlah mengkritik penelitian orang lain secara objektif. Bahkan penelitian yang paling menakjubkan pun memiliki keterbatasan, hal ini sangat berguna bagi kamu untuk belajar menjadi kritis secara profesional.

Ambil kursus dasar untuk meningkatkan kemampuanmu untuk berpikir dengan "cara yang benar". Materi dasar adalah pondasi yang akan membantu kamu lebih mudah dalam menganalisi masalah, sebagian besar konsep matematika tidak sulit setelah kamu terbiasa memikirkannya. Artinya setelah belajar dan belajar, tentu akan menjadi lebih mudah. Jangan takut untuk mencoba, lebih baik gagal daripada tidak sama sekali.

Ketika sedang membaca majalah, berita, kabar dll, pikirkan keumuman dari bacaan tersebut. Jika seseorang ingin menerapkan ke berbagai bidang, konsep utama itulah yang dibutuhkan, sedangkan sisanya hanya penjelasan secara detail saja.

Intinya, cari tahu konsep atau kalimat utama dari pembahasan, dari situlah akan lebih mudah dalam menganalisis suatu bacaan di majalah, paper dll.

Singkatnya, pelajari dasarnya dulu, dan mintalah umpan balik dari orang lain

Cukup sekian ya artikel kali ini, jangan lupa follow untuk mendapatkan artikel menarik lainnya

salam hangat

(YA)